Profil Singkat Stasiun Cimahi

Halo sobat Cimahi, pada postingan kali ini kami akan menampilkan mengenai profil Stasiun Cimahi, salah satu stasiun kereta api yang memiliki sejarah panjang. Stasiun Cimahi merupakan stasiun kereta api kelas I yang terletak di Cimahi Tengah, Cimahi, tepatnya di Jalan
Stasiun, Kota Cimahi. Stasiun yang terletak pada ketinggian +723 meter ini termasuk dalam Daerah Operasi II Bandung. Stasiun ini dibangun pada tahun 1884, dan awalnya ditujukan untuk kepentingan militer. Stasiun ini memiliki empat jalur dengan jalur 1 dan 2 sebagai sepur lurus, namun hanya jalur 1-3 saja yang sering digunakan.

Berikut ini adalah Layanan kereta api Penumpang yang beroperasi di Stasiun Cimahi:

> Kelas eksekutif
* Argo Parahyangan, tujuan Jakarta dan tujuan Bandung

> Kelas campuran
* Argo Parahyangan (reguler, fakultatif, dan tambahan), tujuan Jakarta (kecuali KA 27) dan tujuan Bandung (kecuali KA 36F) (eksekutif argo-bisnis-ekonomi AC atau eksekutif argo-ekonomi AC plus; khusus hari Senin rangkaian KA 21 dan 24 menggunakan rangkaian kelas eksekutif argo-bisnis- ekonomi AC).
* Harina, tujuan Cikampek bersambung Surabaya dan tujuan Bandung (eksekutif- bisnis-ekonomi AC)
* Ciremai, tujuan Cikampek bersambung Semarang dan tujuan Bandung (eksekutif-bisnis).

> Kelas ekonomi AC
* Serayu, tujuan Jakarta dan tujuan Kroya bersambung Purwokerto
* Lokal/komuter ekonomi AC Patas Bandung Raya (Senin-Jumat dan Sabtu-Minggu), tujuan Padalarang dan tujuan Bandung Kiaracondong - Cicalengka.
* Lokal Bandung Raya, tujuan Padalarang - Purwakarta dan tujuan Bandung-Bandung Kiaracondong - Cicalengka - Cibatu.
* Lokal Cibatu/Simandra, tujuan Purwakarta dan tujuan Cibatu.

> Papasan dan persusulan
* KA Lokal Bandung Raya tujuan Padalarang (KA 357) disusul KA Argo Parahyangan tujuan Jakarta (KA 27) yang melintas langsung.

Demikianlah sekilas postingan mengenai profil stasiun Cimahi, Jawa Barat yang sampai sejauh ini telah mengalami banyak perubahan baik secara fisik maupun sistem operasinya.


0 komentar:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.