Tempat Wisata Di Kota Cimahi Dan Sekitarnya

Kota Cimahi luas wilayahnya memang kecil, hanya sekitar 40, 2 km persegi saja, hal ini tentu berpengaruh pada bidang pariwisata, terutama wisata alam. Keterbatasan wilayah di Kota Cimahi ini menjadi hambatan seeius bagi pemerintah Cimahi dalam mengembangkan tempat wisata di Kota Cimahi yang lebih di kenal dengan Kota Hijau (Tentara) karena banyaknya pusat-pusat pendidikan militer; di wilayah Kota Cimahi.

Pemerintah Kota Cimahi harus mampu memaksimalkan wilayahnya yang kecil ini untuk mampu mengembangkan pariwisata di Kota Ini. Beberapa gebrakan memang telah dilakukan oleh pihak Pemkot, fi antaranya pembangunan Alam Wisata Cimahi (AWC) di jalan Kolonel Masturi dan Taman Wisata Paku Haji di jalan Haji Ghofur. Selain itu Pemkot juga Mulai banyak membangun Taman-Taman, salah satunya adalah Taman Rakyat di kawasan Pemkot Cimahi. Bahkan Taman Alun-Alun Cimahi di Pusat Kotapun dipercantik, dahan pohon-pohon di Taman Alun-alun itu dilapisi oleh lampu sehingga menjadi nampak indah di waktu malam.

Berikut ini adalah daftar tempat wisata di Kota Cimahi dan sekitarnya:

->Taman Rakyat Pemkot Cimahi
->Taman Kartini
-> Lapangan Brigif
-> Kolam Renang
-> Kolam Renang Tirta Yuda di Jalan Pasir Kumeli
-> Kolam Renang Cipageran di Jalan Cikendal
-> All About Strawberry di Jalan Cihanjuang
-> Villa Katumbiri di Jalan
Cihanjuang
-> Kampung Adat Cireundeu di Leuwigajah
-> Taman Wisata Paku Haji di Jalan Haji Ghofur
-> Ciwangun Indah Camp (CIC) diJalan Kolonel Masturi Cisarua (KBB)
-> Alam Wisata Cimahi (AWC) di Jalan Kolonel Masturi
-> Curug Panganten di Jalan Cihanjuang
-> Curug Cimahi di Jalan Kolonel Masturi Cisarua (KBB)
Curug Bugbrug di Jalan Kolonel Masturi Cisarua (KBB)
-> Curug Tilu di Jalan Kolonel Masturi Cisarua (KBB).

Keterbatasan wilayah membuat Kota Cimahi harus bisa bekerjasama dengan daerah tetangga terutama Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang kawasan wisatanya berdekatan dengan wilayah Kota Cimahi.
Namun jika dikaji lebih dalam, Cimahi bisa menjadi sebuah Kota Wisata atau wisata Kota, karena di sisi lain luas wilayah yang kecil juga akan lebih mudah mengelolanya dibanding wilayah yang besar, hanya saja untuk menjadikan Cimahi sebagai wisata Kota itu perlu kesungguhan Pemerintah Kota dan semua elemen masyarakat yang ada di Kita Cimahi.

0 komentar:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.