Fenomena Band-Band Di Cimahi dan Bandung

Di wilayah Kota Bandung dan sekitarnya seperti Kota Cimahi, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat memang telah banyak mencetak musisi handal dalam belantika musik Indonesia, terutama dengan kemunculan band-band terkenal seperti Peterpan, Jamrud, PAS Band, dan lain-lain.tetapi yang cukup menarik adalah menjamurnya Band-band indie di kota Bandung dan sekitarnya tersebut. Ada beberapa band indie yang cukup terkenal di antaranya adalah Sandal Jepit, Kuburan, Alone At Last, Burger Kill, Close Head dan masih banyak lagi yang belum sempat disebutkan. Musik yang mereka mainkan pun secara kualitas tidak kalah dengan band-band yang sudah tenar (mayor label). Mereka sering tampil diberbagai pentas yang seringkali digelar di seputaran Bandung Raya tersebut, bahkan sampai ke kota-kota laìn di Jawa Barat. Selain itu banyak band-band indie di kota Bandung yang telah membuat single atau album kompilasi yang juga kerap diputar di stasiun-stasiun radio di Kota Bandung, misalnya Close Head dengan lagu andalannya yang berjudul Berdiri teman dan Kuburan yang terkenal dengan lagu yang berjudul "Euis" dan "Lupa-Lupa Ingat" yang berhasil membuat band Kuburan sempat tembus di belantika musik nasional.

Stasiun-stasiun radio dan televisi lokal di Bandung juga aktif dalam mengadakan acara-acara live untuk band-band indie baru, atau mau memutarkan rekaman lagu dari band-band indie baru, hal ini tentu saja memotivasi kalangan anak-anak muda Bandung dan sekitarnya untuk membentuk band-band baru, sehingga Bandung menjadi semarak dan menjadi surga bagi tumbuhnya band-band indie.

Di tengah lesunya industri musik Indonesia karena maraknya pembajakan yang didukung oleh teknologi yang memudahkannya tidak membuat geliat musik di wilayah Bandung Raya padam, ini terbukti dengan eksistensi para musisi lokal dan elemen-elemen pendukung lainnya dalam berkreatifitas meramaikan industri musik di seputaran Bandung Raya.

0 komentar:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.